Wednesday 18 November 2015

TAHAPAN DALAM MENCUCI KENDARAAN





Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencuci kendaraan :

1. Gunakan sampo khusus yang dirancang untuk mencuci kendaraan. Sampo ini bukan hanya bersifat melarutkan kotoran, melainkan juga mengandung silikon yang dapat berfungsi melindungi cat dari kotoran, air, lemak, oli, minyak dan lain-lain.  Oleh karena itu tanpa dipoles dengan bahan lain pun bodynya sudah kinclong, jika menggunakan sampo yang mengandung silikon. Meskipun kepepet tidak punya sampo motor atau mobil, sebaiknya jangan menggunakan sabun colek ataupun sabun bubuk. Sabun jenis ini mengandung banyak pemutih, sehingga bisa merusak warna cat.


2. Sebelum dicuci dengan sampo, hilangkan dahulu debu-debu dari body dan lumpur dari bagian bawah kendaraan. Caranya yaitu disemprot dengan air yang cukup kencang semprotannya sehingga debu dan lumpur dapat rontok dalarut ikut mengalirnya air. Debu dan lumpur jangan langsung digosok dengan sampo, karena hal itu dapat menggores body.

3. Cuci bagian per bagian. Jangan langsung secara keseluruhan disampo.  Ini agar sehabis disampo pakai spon terus dibilas pakai air dan langsung dikeringkan. Jadi bekas sampo tidak sampai kering sudah langsung dibilas dan dikeringkan. Hal ini untuk menghindari terjadinya pengeringan sampo dan air sebelum dibilas.

4. Segera keringkan dengan kanebo, begitu selesai dibilas dengan air. Jangan menunggu airnya mengering. Jika air mengering dengan sendirinya, ini akan merusak cat pada body dan kaca.

5. Kotoran yang sulit karena telah lama mengering, seperti kotoran burung, serangga yang tertabrak dan lain-lain jika susah dihilangkan, rendam dulu sebentar sambil mencuci bagian yang lain.



6. Setelah semua dicuci secara merata kemudian dibilas lagi pakai ar bersih.

7. Segera keringkan bilasan airnya dengan kanebo.

8. Bagian interiornya jangan lupa, bahkan kalau perlu lantainya divacum sehingga betul-betul terbebas dari debu, pasir dan kotoran lain. Semua karpet yang terbuat dari plastik diangkat keluar dan dicuci pakai  sabun, dibilas dan langsung dikeringkan.

9. Lap bagian interiornya dan kaca-kacanya dengan kanebo lemmbab.


No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya untuk perbaikan setiap langkah kita kedepan.

Blogger Widgets