Tuesday 17 November 2015

PERAWATAN BODY KENDARAAN



Penampilan kendaraan bukan hanya dilihat dari modelnya yang muktakhir, tetapi juga dari kebersihan dan kemulusan bodynya. Sekarang sebenarnya untuk merawat kendaraan tidak susah. Di mana-mana banyak jasa cuci steam. Dengan hanya membayar dua puluh lima ribu rupiah untuk mobil dan lima belas ribu rupiah untuk motor, kendaraan kita sudah bersih dan kinclong karena telah dicuci dengan sampo silikon dan ban-bannya disemir lagi.


Kalau mau dicuci sendiri pun tidak sulit. Ketika mencuci kendaraan, harus selalu memberikan perhatian khusus, selain pada bagian body, juga pada bagian bawah kendaraan. Gunakan semprotan air yang kuat untuk menghilangkan lumpur dan debu yang mengeras karena bercampur oli di seluruh lekuk-lekuk dan sudut-sudut bagian bawah kendaraan. Kerak-kerak debu yang lengket karena bercampur oli ini kalau tidak secara rutin dibersihkan bisa menimbulkan karat dan keropos. Khususnya di bagian kolong roda, di belakang bemper, di bawah mesin, di sela-sela per suspensi, di transmisi, gardan, as dan diferensial, di ruangan mesin. Untuk ruangan mesin jangan disemprot langsung terutama bagian karburator dan bagian kelistrikan.

Ketika mencuci kendaraan sebaiknya berada di dalam ruangan yang terlindung dari teriknya matahari. Begitu juga ketika kendaraan masih dalam keadaan panas. Tidak baik akibatnya ketika air dan sampo yang keburu menguap sebelum dilap. Air dan sampo akan meninggalkan kristal-kristal  garam  yang segera bersenyawa dengan cat dan permukaan kaca. Jika sudah demikian maka warna cat dan kaca-kaca akan nampak kusam dan susah dihilangkan.

Di beberapa lingkungan pelabuhan dan industri, ada kondisi-kondisi alam yang dapat merusak cat. Polusi udara, kelembaban udara pantai yang panas dan kubangan-kubangan air asin dan payau, lumpur adalah musuh utama cat dan besi. Apalagi jika tiap hari lewat dan parkir seharian di udara terbuka yang panas di lingkungan seperti itu dan jarang dicuci, maka tidak sampai tahunan, kendaraan akan segera nampak kusam dan keropos.

Cara terbaik untuk mencegah rusaknya cat dan keroposnya body dan chasis adalah dengan sering dan rutin mencuci kendaraan. Sering mencuci akan menghilangkan noda-noda kimia yang amat merusak cat. Jangan pernah mengelap body kendaraan dengan kain lap kering. Ini bukannya membersihkan, melainkan mengamplas dan menggores. Gunakan spon dan kanebo basah serta sampo yang mengandung silikon agar cat mengkilat dan licin seperti disemir sehingga membuat debu tidak lengket dan lumpur mudah dibersihkan.




No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya untuk perbaikan setiap langkah kita kedepan.

Blogger Widgets