Saturday 24 October 2015

BEBERAPA PERTIMBANGAN DALAM MENENTUKAN HARGA CETAKAN



 Ada banyak hal-hal detail yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan berapa perkiraan harga sebuah order cetakan. Salah satu saja dari hal yang berikut ini tidak diperhatikan, fatal akibatnya.

  1. Kemampuan tenaga dan peralatan
  2. Ketersediaan kertas
  3. Detail spesifikasi orderan
  4. Pakai mesin besar atau mesin kecil?
  5. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk megerjakan orderan.
  6. Sistem kilat (lembur) atau biasa?
 7. Proses pengadaan bahan-bahan cetakan yang diperlukan : jarak yang harus ditempuh ke toko bahan.
  8. Kontrol produksi dengan membuat job order dan  di ceck list.
  9. Pelajari kesulitan-kesulitan teknis orderan baru.
10. Peningkatan pelayanan : kwalitas, ketepatan waktu dan harga
11. Setiap estimasi harus dicek ulang dan disesuaikan dengan perkembangan harga kertas dan lain-lain.
12. Apakah area cetak dan ukuran kertas bisa dirubah demi efisiensi ?
13. Apakah ketebalan kertas bisa dikurangi?
14. Apakah bisa menggunakan kertas lain yang lebih murah atau lebih mahal?
15. Bisakah menggunakan kertas yang sudah tersedia yang lebih murah daripada membeli lagi dengan harga yang lebih mahal?
16. Cek kembali hasil cetakan apakah ada kesalahan?
17. Lebih menguntungkan numerator dan cacah di mesin offset atau pakai alat lain?
18. Lebih efisien pakai jilid lem panas atau lem manual, jahit benang atau jahit kawat?
19. Apakan hasil cetakan sudah sama dengan dummie? Kalau perlu dikonsultasikan dengan konsumen.
20. Apakah memungkinkan beberapa jenis cetakan dicetak pakai satu master?
21. Diulang-ulang hitungannya, sudah benar atau belum?
22. Cek sekali lagi apakah harga bahan dan proses produksi telah tercover dan keuntungannya cukup memadahi?
23. Sesuaikan perkiraan harga dengan lamanya proses kerja.
24. Bandingkan harga kita dengan harga percetakan lain.
25. Tanyakan ke konsumen dulu waktu nyetak sebelumnya kena berapa?
26. Cari kemungkinan penggabungan beberapa order dicetak dalam satu plat untuk penghematan.
27. Dicetak blok atau raster?
28. Formulir estimasi harus detail.
29. Efisien pakai kertas ukuran jadi atau pakai kertas besar yang kemudian dipotong?
30. Tanyakan kepada operator apakah ada kesulitan teknis untuk menyelesaikan orderan?
31. Bandingkan dengan perkiraan harga orderan serupa yang pernah dicetak dengan orderan yang sekarang.
32. Jangan membuat perkiraan harga berdasarkan informasi yang kurang lengkap atau meragukan

No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya untuk perbaikan setiap langkah kita kedepan.

Blogger Widgets