Untuk mengundang banyak calon pelanggan ada beberapa hal yang bisa dilakukan :
1. Peningkatan kualitas dan kecepatan pelayanan.
Tidak boleh main-main dalam bekerja. Harus serius, fokus, teliti dan telaten, sistematis dan efisien, penuh tenaga dan kecepatan yang terukur ditunjang dengan perlengkapan dan peralatan yang memadahi. Mesin steam sendiri hanya sekedar membantu menghilangkan debu dan lumpur sebelum di cuci pakai sampo serta membantu memudahkan menghilangkan busa sampo. Fungsi mesin dalam proses pencucian hanya sekitar 10%. Selebihnya adalah sepenuhnya terpusat pada ketelatenan dan ketelitian kita dalam menggosok dan menyikat bagian-bagian yang kotor, baik oleh lumpur maupun olie. Bahkan tanpa mesin pun kita dapat mencuci motor atau mobil sebersih jika menggunakan mesin. Hanya saja konsumen biasanya merasa kurang mantap jika kita mencuci kendaraan mereka tanpa menggunakan mesin. Oleh karena itu kita tidak boleh asal mempercayakan tugas mencuci ini kepada sembarang orang. Kita harus memilih orang-orang yang benar-benar mau bekerja keras dan memiliki standar tersendiri dalam mencuci kendaraan.
2. Spanduk
Sekarang tidak jamnnya lagi spanduk kain dengan sablon manual. Sekarang jamannya spanduk digital dengan bahan dasar plastik yang tahan hujan dan panas. Untuk menarik minat calon pelanggan yang lewat di depan kita, kita buat spanduk full colour dengan gambar yang menarik, misalnya gambar mobil mewah dan MOGE. Di situ kita cantumkan nama dan alamat usaha kita. Juga kolom harga yang bisa diganti-ganti nominalnya sesuai dengan tarif steam di pasaran. Kalau perlu tarif kita sedikit lebih murah dari pesaing lainnya. Ukuran 3 x 1 meter beaya pembuatannya sekitar Rp 125.000,-
3. Brosur
Brosur disainnya mirip spanduk hanya dicetak di atas kertas. Ukurannya tidak perlu besar-besar. Setengah folio cukup lebarnya. Tidak perlu full colour. Satu warna pun cukup. Kertasnya cukup pakai HVS. Akan lebih baik kalau pakai HVS warna. Ongkos pembuatannya sekitar Rp 70.000,- per rim. Brosur ini kita sebar ke rumah-rumah penduduk di sekitar kita, para pelanggan dan para pemakai jalan.
4. Sticker
Sicker satu warna. Seukuran kartu nama juga bisa. Berisi mengenai nama dan alamat usaha kita serta daftar harga. Sticker ini bisa ki ta tempel di pagar-pagar depan rumah penduduk, di tiang listrik di pos ronda dan sebagainya.
5. Bonus
Bonus berupa gratis cuci satu kali bila telah 10 kali mencuci di tempat kita. Untuk itu harus kita catat nama pelanggan dan kendaraan yang dicuci serta tanggal mencuci.
6. Kartu nama
Semua karyawan dan pemilik kita buatkan kartu nama. Isinya selain identitas mereka, juga mengenai nama dan alamat usaha kita serta daftar pelayanan kita. Satu warna pun cukup.
7. Kertas injakan di karpet mobil
Agar karpet yang sudah kita cuci bersih tidak kotor ketika diinjak oleh penumpang dan pengemudi, maka di atas karpet kita beri alas injakan kaki. Bahannya dari kertas samson. Ukuran doble folio. Kita cetak nama dan alamat usaha kita serta ucapan terima kasih serta harapan agar mereka kembali lagi setiap kali akan mencuci mobilnya.
No comments:
Post a Comment
Mohon komentarnya untuk perbaikan setiap langkah kita kedepan.