Bila musim hujan hujan tiba usaha steam panen. Hampir semua tempat steam penuh dan antre. Masalahnya kalau musim hujan umumnya motor atau mobil yang datang seperti habis dari kubangan lumpur. Memang di musim hujan air melimpah, tetapi untuk mencuci kotoran lumpur yang menempel menghabiskan banyak air. Air yang dipakai bisa tiga kali lebih banyak di banding pada musim kemarau. Sudah begitu noda-noda putih bekas lumpur yang sudah kering amat sangat susah dihilangkan, khususnya lumpur tanah merah dan juga lumpur yang bercampur olie. Tangan rasanya sudah medok, dingin, keriput dan pedih, tetapi noda-noda itu tetap bandel, meskipun sudah digosok dan disikat.
Ada beberapa langkah untuk menghilangkan lumpur yang bandel :
1. Semprot dengan tekanan kuat ke arah bagian-bagian kendaraan yang menyimpan lumpur sampai rontok semua dan mengalir bersama air semprotan.
2. Gosok dan sikat sisa-sisa lumpur yang lengket berulang-ulang menggunakan shampoo.
3. Bilas dengan disiram air menggunakan ember bagian per bagian, Jangan langsung secara keseluruhan bagian-bagian kendaraan dan jangan menggunakan steam dahulu.
4. Periksa apakah masih ada bekas-bekas sisa lumpur yang menempel, terutama pada sudut-sudut yang tidak terjangkau oleh tangan dan sikat. Bila masih ada sikat lagi dan siram lagi, begitu sampai terus sampai sisa-sisa lumpur tadi benar-benar hilang. Demikian seterusnya pada bagian-bagian yang lain juga diperlakukan dengan cara yang sama dan jangan tergesa-gesa disemprot pakai steam.
5. Gunakan shampoo sekali lagi pada bagian-bagian yang telah kita lakukan dengan perlakuan khusus tadi dengan menggunakan spon untuk menggosoknya agar kita yakin bahwa noda bekas lumpur tersebut benar-benar telah rontok dan menghilangkan sisa-sisa lumpur halus yang tidak ikut mengalir bersama air yang kita siramkan.
6. Sekarang saatnya kita semprot sekali lagi menggunakan steam untuk menghilangkan busa sampoo dan kemungkinan masih terselipnya kotoran di sudut-sudut bawah mesin dan kolong-kolong roda.
7. Keringkan menggunakan kanebo secara merata dan lebih diintensifkan pada bagian-bagian yang masih terdapat noda kotoran. Bila kanebo telah berlepotan kotoran segera cuci dan keringkan lalu dipakai lagi buat mengelap. Biasanya tumpukan kotoran bekas tangan di pegangan setang, di gagang tuas rem tangan dan pada pegangan di bagian belakang jok motor hampir menyatu dengan cat, karet atau logam aluminium sehingga warnanya berubah kekuningan atau kehitaman yang bila tidak diulang-ulang menggosoknya pakai kanebo, noda itu tidak akan hilang. Bahkan waktu digosok pakai spon dan shampoo pun noda itu belum hilang juga. Tetapi kalau pakai kanebo dengan disertai sedikit tekanan biasanya noda itu akan hilang.
8. Pakailah semir ban sebagai finishing terhadap proses cuci steam kendaraan. Pemakaian semir umumnya diterapkan pada bagian samping ban, pelek bercat, bagian chasis, dan bagian-bagian cover plastik hitam, pijakan pedal penutup rantai dan garpu. Kegunaan semir, selain membuat ban dan bagian-bagian lain menjadi mengkilap seperti baru, juga untuk meminimalisir noda-noda putih yang benar-benar bandel.
terimakasih informasi yang menambah wawasan tentang membersihkan lumpur yang membandel.
ReplyDelete