Monday 9 November 2015

KISAH SUKSES SEORANG PENGARANG : MARGARET MITCHELL




Margaret mitchell adalah pengarang novel ternama GONE WITH THE WIND. Novel ini dittulis pada tahun 1926 ketika dia berumur 26 tahun.

Novel ini mengisahkan tentang seorang wanita Pansy (kemudian diberi nama baru Scarlett) O’Hara yang wataknya menjadi matang dan keras setelah terjadi pertempuran di Atlanta, yaitu pada masa Perang Saudara (Civil War). Novel ini selesai ditulis 1929, namun baru diterbitkan tahun 1936. Menurut sebuah versi, naskah setebal 2000 halaman tersebut ditaruh didalam amplop-amplop dan map-map  dan didiamkan selama 6 tahun. Entah apa alasannya. Ini tetap menjadi misteri sampai sekarang.


Hingga pada suatu hari di tahun 1935, seorang editor dari Macmillan Company yang bernama Harold Latham menemukan naskah tersebut. Latham menyadari bahwa ini sebuah naskah novel yang dahsyat yang mengasyikkan para pembacanya dan memaksa mereka membaca terus. Hampir satu tahun untuk menjadikan naskah tersebut menjadi sebuah buku novel setebal 1000 halaman. Harga tiga dolar.Novel ini secara resmi diterbitkan pada tanggal 30 Juni 1936.

Macmillan mengadakan penerbitan pendahuluan. Seluruh Amerika menanti-nanti terbitnya novel ini. Banyak toko buku yang memesan lagi, sehari setelah pesanan pertama tiba. Macmillan segera mencetak ulang buku ini, cetakan kedua, ketiga, keempat, kelima... Untuk memenuhi pesanan buku ini harus dicetak secara terus menerus dengan dua buah mesin cetak non stop 24 jam. Tiga minggu setelah diterbitkan sudah dicetak 176.000 copy. Dua bulan kemudian meningkat menjadi 330.000 dan 700.000 setelah berselang empat bulan. 1.500.000 copy setelah satu tahun. Ada sebuah toko yang memesan 50.000 sekaligus.

Karena saking larisnya, Macmillan sampai lima atau enam kali membayarkan honorarium kepada wanita beruntung itu. Rata-rata cek yang diterimanya sebesar $50.000 dengan krus tiga atau lima kali dolar sekarang. Sementara itu ada seorang produser Hollywood, David Selznik membayar $50.000 untuk hak membuat film dengan judul yang sama (dibintangi top star waktu itu Clark Gable dan Vivien leigh).

Hingga sekarang (1979) suda  lebih dari 12 juta copy buku yang terjual, termasuk lima juta terjemahan dalam 25 bahasa.

Margaret Mitchell meninggal karena tertabrak mobil ketika sedang menyeberang jalan, yaitu pada bulan Agustus 1849.

Sumber : “Orang-orang yang cepat menjadi Jutawan” Max Gunther, Gunung Jati, Jakarta 1979


No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya untuk perbaikan setiap langkah kita kedepan.

Blogger Widgets