Sunday 22 November 2015

CARA BONGKAR PASANG RODA MOBIL



Bongkar pasang roda mau tidak mau harus dapat kita lakukan sendiri jika keadaan darurat, misalnya karena ban bocor atau meletus di jalan sepi dan jauh dari bengkel.

1. Carilah tempat rata dan aman untuk parkir.
2. Masukkan gigi transmisi pada posisi mundur.
3. Nyalakan lampu tanda bahaya (hazard).
4. Ambil dongkrak dan kunci roda.

5. Ganjal roda yang tidak didongkrak.
6. Sebelum didongkrak, kendorkan dahulu sekrup-sekrup roda yang akan dilepas, kalau sudah didongkrak akan sulit karena roda pasti ikut berputar. Gunakan pipa besi untuk memudahkan pengendoran  jika sekrup susah dibuka. Awas jangan sampai lepas, cukup kendor saja.
7. Jika semua sekrup sudah kendor, pasang dongkrak di bagian chasis atau pada dudukan per, jangan di body.  Jika tanah lembek berilah alas yang kuat dan rata di bawah dongkrak.
8. Pelan-pelan naikkan sampai roda yang akan dilepas terbebas dari aspal dan terangkat. Demi keamanan tambahkan ganjal tambahan di dekat bagian yang didongkrak untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba dongkrak lepas karena sesuatu hal.
9. Lepas semua sekrup dan keluarkan roda dari as.
10. Ambil roda cadangan dan pasang untuk menggantikan roda yang telah dilepas tadi.
11. Pasang semua sekrup pakai tangan. Mengencangkannya kalau dongkrak sudah dilepas. Ketika roda sudah menapak di tanah, kencangkan semua sekrup dengan kunci roda, sekuat tangan kita memutar kunci dengan kekuatan tekanan sekitar 45 Kg. jika perlu gunakan pipa besi untuk meyakinkan bahwa sekrup telah terpasang dengan kuat dan tidak mungkin lepas di jalan.


No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya untuk perbaikan setiap langkah kita kedepan.

Blogger Widgets